Minggu, 09 Januari 2011

intelegasi buatan


INTELEGASI BUATAN

A.PERKEMBANGAN INTELEGASI BUATAN
          Mulai sekitar abad 18, sebagaimana mesin telah menjadi lebih kompleks, usaha yang keras telah dicoba untuk menciptakan manusia imitasi
          Pada tahun 1736, Jacques de Vaucanson membuat suatu mesin pemain seruling berukuran seperti seorang manusia yang dapat memainkan 12 melodi nada.
          Pada tahun 1774 Pierre Jacquet-Droz mencengangkan masyarakat Eropa dengan suatu automation berukuran sekitar seorang anak laki-laki yang dapat duduk dan menulis suatu buku catatan, kemudian dilanjutkan dengan penemuan lain , yaitu automation yang berupa seorang gadis manis yang dapat memainkan harpsichord.
          Pada tahun 1769 , daratan Eropa dikejutkan dengan penemuan mesin Maelzel Chess Automation yang dapat menjawab langkah-langkah permainan catur yang belum ditentukan. Akan tetapi , setelah diselidiki, ternyata mesin ini tipuan.
          Pada tahun 1914 , Leonardo Torres Y Quevedo menemukan mesin permainan catur , dan mesin ini asli suatu otomation , bukan tipuan lagi.
B.APAKAH INTELEGASI BUATAN ITU ?
          Intelegasi buatan (Artificial Intelligence) adalah suatu mesin atau alat pintar yang dapat melakukan suatu tugas yang bilamana tugas tersebut dilakukan oleh manusia akan dibutuhkan suatu kepintaran untuk melaukannya.


C.GAME PLAYING
          Merupakan bidang AI yang sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin yang mempunyai intelektual untuk berpikir.
D.GENERAL PROBLEM SOLVING
          Bidang AI ini berhubungan dengan masalah terhadap suatu situasi yang akan diselesaikan oleh computer.
E.NATURAL LANGUAGE RECOGNITION
          Bidang AI ini mencoba supaya computer dapat mengerti bahasa alamiah yang diketikkan lewat keyboard. Bahasa alamiah adalah bahasa sehari-hari yang dipergunakan oleh orang yang berkomunikasi.
F.SPEECH RECOGNITION
          Bidang ini masih dikembangkan dan terus dilakukan penelitiannya. Jika berhasil dengan baik, kita dapat berkomunikasi dengan computer cukup hanya dengan cara percakapan saja.
          Alat recognizer dapat ditambahan pada computer mikro sehingga dapat digunakan untuk speech recognition , diantaranya yaitu :
Ø Voice Recognition Module
Ø Voice Data Entry System
Ø SpeechLab buatan Heuristics Inc.
Ø Voice Entry Terminal
Ø Cognivox
G.VISUAL RECOGNITION
          Merupakan kemampuan suatu computer yang dapat menangkap signal elektronik dari suatu kamera dan dapat memahami apa yang dilihat tersebut.
H.ROBOTICS
          Robot adalah suatu mesin yang dapat diarahan untuk mengerjakan bermacam-macam tugas tanpa campur tangan lagi dari manusia.
a.     Sejarah robot
Robot berasal dari kata robota yang berarti tenaga kerja. Kata ini digunakan Dramawan Karel Capek pada tahun 1920 pada sandiwara fiksinya,yaitu R.U.R (Rossum’s Universal Robots). Eksperimen Rossum ini gagal. Keponakannya seorang ahli teknik yang berfikiran modern mempersiapkan pengembangan pekerja yang sempurna. Keponakan Rossum sukses dalam eksperimennya dan robotnya mulai dijual ke seluruh dunia.
b.    Penggolongan robot
Robot digolongkan menjadi :
-         Personal Robots
-         Industrial Robots, contohnya :
..Motionmate
..The Rhino Charger
..Prab Model 4200
..Cincinnati/Milacron T3
..Prab FC
..Cybotec P15
..Puma Model 500
..IBM Assembly Robots
..GMF Robots
-         Educational Robots
Yang termasuk Educational Robots :
..Rhino Robot XR-2 system
..Microbot
..Hero-1
I.EXPERT SYSTEM
          Expert sistem adalah sistem yang dapat dijadikan seperti konsultan atau tenaga ahli di bidang tertentu yang dapat menjawab pertanyaan dan memberikan nasehat-nasehat yang dibutuhkan. Siatem ini dapat digunakan untuk bidang yang tertentu seperti misalnya mendeteksi penyakit , menganalisis imia dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar