Sabtu, 12 Januari 2013

Opini Mengenai Bahasa Indonesia Saat Ini



Opini Mengenai Bahasa Indonesia Saat Ini
Pendahuluan
Bahasa adalah bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Nah kalo Bahasa Indoensia itu sendiri adalah bahasa yang digunakan oleh warga Negara Indonesia dan sebagai bahasa persatuan antar warga.
ISI
Bahasa Indonesia zaman sekarang mulai mengalami banyak perubahan, perlu banyak di ketahui bahwa bahasa Indonesia yang dahulunya di sebut bahasa melayu sekarang malah berubah menjadi bahasa yang mungkin belom tentu orang mengerti dalam percakapan sehari – hari karna perubahan bahasa mungkin bukan bahasa, tetapi cara kita berinteraksi atau bercakap kesesama dalam menggunakan bahasa tersebut.
Banyak di kalangan anak muda sekarang yang merubah bahasa yang baik dan benar menjadi bahasa gaul, perubahan itu lah yang timbul di zaman sekarang ini. Sebagai contoh bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan bahasa Indonesia kalangan remaja sekarang : Aku = gue , Kamu = elu , dll.
apa penyebab bahasa itu sendiri berubah : kalo menurut saya mungkin penyiaran di televisi yang mengunakan bahasa zaman sekarang supaya lebih mudah memahami tetapi apa dengan menyiarkan seperti itu akan mengerti semua apa yang disampaikan dalam penyiaran televisi tersebut kepada para penonton, system ini lah yang lebih cepat memperluas akan perubahan dari bahasa yang baik dan benar ke bahasa zaman sekarang, kalo kita orang kota dalam menyimak bahasa itu sendiri mungkin mengerti kalo orang yang tinggal di perkampungan yang jauh dari kota apa dia akan mengerti dengan bahasa yang digunakan?saya rasa tidak,,karna kalangan, pertemanan, dan daerah yang tidak berdekatan dengan kota sehingga orang desa merasa tidak mengerti dengan bahasa yang disiarkan atau perubahan dari bahasa itu tersebut. Makanya alangkah baiknya setiap bahasa jangan pernah di rubah supaya dari anak kecil sampai orang tua bias memahaminya.
Kesimpulan
Bahasa Indonesia itu adalah satu, satu bangsa, satu daerah, dan satu provinsi. Walau banyak bahasa di berbagai daerah dan provinsi, tetapi hanya bahasa Indonesia yang mematenkan dan mempersatukan kita walau berbeda daerah sebagai alat percakapan anter masyarakat. Dan untuk perubahan bahasa pada zaman sekarang saya rasa kurang baik, oleh karna itu kita harus merubah bahasa yang kita lakukan sehari – hari dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Referensi
http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/pengertian-bahasa-indonesia.html
http://love-semester6.blogspot.com/2011/02/pengertian-bahasa-indonesia-oleh-para.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar