Minggu, 17 Oktober 2010

PENDUDUK,MASYARAKAT, dan KEBUDAYAAN

Di tugas yang ketiga ini , saya akan membaha tentang PENDUDUK,MASYARAKAT, dan KEBUDAYAAN .

>Penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.
Masalah-masalah kependudukan :
1.Kepadatan penduduk
2.Piramida penduduk
3.Pengendalian jumlah penduduk
4.Penurunan jumlah penduduk
5.Transfer penduduk
6.Ledakan penduduk
7.Penduduk dunia
8.Referensi
9.Pranala luar
Kepadatan penduduk dapat dihitung dengan membagi jumlah penduduk dengan luas wilayah dimana mereka tinggal.
Negara-negara kecil biasanya memiliki kepadatan penduduk tertinggi, di antaranya:Singapura dan Vatikan. Di antara negara besar yang memiliki kepadatan penduduk tinggi adalah Cina , dan Jepang.


>Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk suatu sistem,dimana sebagian besar interaksinya merupakan interaksi individu-individu dalam kelompok tersebut, dan saling bergantungan.
Unsur-unsur suatu masyarakat
a.ada banyak perkumpulan manusia
b.bertempat tinggal lama.
c.adanya aturan atau undang-undang. 

>Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
(sumber: boykb.blogspot.com) 

Penduduk, masyarakat dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat antara satu sama lainnya.Penduduk adalah sekumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu. Sedangkan masyarakat merupakan sekumpulan penduduk yang saling berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu dan terikat oleh peraturan – peraturan yang berlaku di dalam wilayah tersebut. Dan secara otomatis, masyarakatlah yang menciptakan dan melestarikan kebudayaan. Penduduk, masyarakat dan kebudayaan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. . 

>Masalah sosial adalah masalah yang timbul akibat ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat. Akibatnya dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial.
Masalah sosial biasanya terjadi akibat adanya perbedaan antara nilai dalam masyarakat.
Faktor-faktor masalah sosial :
1. Faktor Ekonomi
2. Faktor Budaya
3. Faktor Biologis .
4. Faktor Psikologis

>Rumusan angka Kelahiran
Tingkat kelahiran atau crude birth rate (CBR) adalah jumlah kelahiran per 1.000 orang tiap tahun. Secara matematika, angka ini bisa dihitung dengan rumus CBR = n/((p)(1000)); di mana n adalah jumlah kelahiran pada tahun tersebut dan p adalah jumlah populasi saat penghitungan. Hasil penghitungan ini digabungkan dengan tingkat kematian untuk menghasilkan angka tingkat pertumbuhan penduduk alami.



>Dinamika Penduduk
Dinamika penduduk adalah perubahan penduduk di daerah tertentu dari waktu ke waktu.
Pertumbuhan penduduk adalah peningkatan atau penurunan jumlah penduduk suatu daerah dari waktu ke waktu.
















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar