Sabtu, 02 Oktober 2010

Pentingnya "SOFTSKILL"

Sebenarnya saya baru dengar istilah SOFTSKILL saat memasuki jenjang perkuliahan.
Dan saat dosen memberi tugas tentang SOFTSKILL , saya bingung apa itu yang dimaksud dengan SOFTSKILL ??
Kemudian saya mencarinya d www.google.com
Dari hasil pencarian tersebut saya bisa berpendapat sebagai berikut :

Menurut pendapat saya , di jaman sekarang tenaga kerja yng dibutuhkan di Indonesia tidak hanya dituntut untuk memiliki HARDSKILL , melainkan juga harus memiiliki SOFTSKILL .
Pendapat tersebut saya ungkapkan karena hampir seluruh lapangan pekerjaan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki SOFTSKILL, sebut saja seperti dalam hal berinteraksi dalam suatu tim.
Karena pengertian dari SOFTSKILL sendiri adalah kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dan kemampuan dalam memanage dan mengelola keahlian yang dia miliki.
Sedangkan HARDSKILL adalah kemampun seseorang dalam menguasai materi dan teori sesuai di bidangnya.

Pada umumnya , setiap orang memiliki SOFTSKILL , akan tetapi semua itu tergantung kepada orang itu sendiri bagaimana dia mengembangkan SOFTSKILL yang dia miliki.
Mengembangkannya tentu dengan mengasah dan mempraktekkan SOFTSKILL itu sendiri melalui pembelajaran dengan segala prakteknya.
Contoh yang sangat sederhana adalah belajar menuangkan inspirasi atau argumen pada sebuah blog.
Dengan demikian , seseorang dapat belajar untuk berpikir secara relevan dan mengembangkan sistem olah pikirnya secara luas.

Selain itu , motivasi yang tinggi dan kuat juga sangat dibutuhkan dalam pengembangan SOFTSKILL , karena dengan adanya motivasi yang kuat , seseorang mampu memanage dirinya untuk melakukan suatu perubahan yang lebih baik .
Dan juga dengan motivasi yang kuat , seseorang dapat menyaring keadaan lingkungan sekitarnya dengan memanfaatkan SOFTSKILL yang ia miliki.

Jadi , kesimpulannya adalah ,,,,
SOFTSKILL merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk membentuk karakter seseorang agar menjadi lebih baik dan menjadi tenaga kerja yang handal.



Demikian pendapat yang dapat saya ungkapkan , semoga dapat bermanfaat.
Terima kasih ,

salam hangat ,
sonia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar