Sabtu, 30 Juni 2012

KONDISI DALAM PASCAL



       
Statemen ini menunjukan bahwa suatu statemen akan di kerjakan bila suatu kondisi adalah BENAR. Jika kondisi salah maka statemen yang lainnya / statemen setelah kata cadangan ELSE yang akan di kerjakan. hampir setiap program yang komplek mengandung suatu penyeleksian kondisi. Dengan menyeleksi suatu kondisi, maka program akan dapat menentukan  tindakan apa yang harus dikerjakan,tergantung dari hasil kondisi yang diseleksi tersebut.


Macam-macam kondisi pada Pascal 
  • statement if then, kondisi yang akan diseleksi oleh statement If. Bila kondisi yang diseleksi telah terpenuhi, maka statement yang mengikutinya akan diproses, sebaliknya bila statement kondisi tidak terpenuhi maka yang akan diproses adalah statement berkutnya. 
  • statement If Then Else, blok statement yang aka diproses bilamana kondisi yang diselksi bernilai benar, sedangkan statemen selanjutnya akan diproses bilamana kondisi yang diseleksi tidak terpenuhi.
  • statemen Case Of, struktur yang bila salah satu kondisi terpenuhi dan statement telah diproses, elanjutnya statement-statement lainnya dalam lingkungan case akan diseleksi lagi.
  • statement Case Of else, bila kondisi tidak terpenuhi, maka stetement yang akan diproses yang ada dalam lingkungan Case Of adalah statement else.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar